Tidak Selamanya Kita Harus Memiliki Jalan Keluar Untuk Orang Lain

Setiap orang memiliki cara sendiri-sendiri dalam menyelesaikan masalahnya, dalam menghadapi masalahnya. Sehingga saat ada teman kita, pasangan kita atau anggota keluarga kita menceritakan masalah mereka, keluh kesah mereka. Ya kita cukup mendengarkannya dengan baik dan saksama. Jangan memaksa mereka menyelesaikan masalah seperti kalian menyelesaikan masalah. Karena tidak selamanya masalah yang sama dapat diselesaikan dengan cara yang sama. Dan tidak selamanya cara yang kalian gunakan dapat berlaku sama dengan mereka.

Tidak Selamanya Kita Harus Memiliki Jalan Keluar Untuk Orang Lain

Jadi jika kalian memiliki saran atau nasehat mengenai masalah yang mereka hadapi, silahkan di beritahukan. Silahkan disampaikan. Tapi jangan sampai terdengar memaksa atau menekan mereka untuk melakukan hal yang sama. Cukup memberi tahu. Selebihnya biarkan mereka menjadikan pendapatmu, saranmu, nasihatmu sebagai bahan pertimbangan untuk mereka menyelesaikan masalah mereka. Dan kadang mereka pun sudah tahu harus berbuat apa. Harus menyelesaikan masalah tersebut.

Tapi mereka perlu mengumpulkan keberanian mereka dalam menyelesaikan masalah mereka tersebut.Mereka memerlukan keberanian dalam menyelesaikan apa yang tidak terselesaikan. Sehingga mereka membutuhkan support dan pendengar yang baik dari kalian. Dan saat seseorang sedang menceritakan keluh kesah mereka pada anda, cukup lah mendengar dengan baik dan saksama. Jangan memaksakan untuk kalian memiliki cara atau penyelesaian untuk mereka. Toh kalaupun mereka membutuhkan saran dan nasihat darimu, dan kalian tidak memilikinya. Jangan memaksakan memberikannya jika tidak ada saran dari kalian. Cukup mengatakan, wah saya pun tidak tahu.

Karena saya belum pernah berada di posisi kalian. Mungkin saya pun jadi kalian, saya akan mencoba mencari orang yang berpengalaman dengan hal tersebut atau minta saran kepada orang tua. Karena orang tua memiliki pengalaman hidup lebih banyak. Saya hanya bisa memberikan support pada anda. Jangan memaksakan untuk memberikan masukkan dan akhirnya jalan keluar yang anda berikan hanya membuat mereka semakin tertekan dan lost. Dan saat dia sedang bercertita biasakan untuk mendengarnya dengan saksama dan serius. Jangan sambil melakukan kegiatan atau lainnya, atau sebentar-sebentar malah memotong pembicaraannya. Itu malah akan mematahkan semangatnya dalam bercerita pada anda.