Keluarga Adalah Salah Satu Orang Yang Akan Terus Menerus Memberikan Maaf

Keluarga Adalah Salah Satu Orang Yang Akan Terus Menerus Memberikan Maaf

Saat kita membuat kesalahan baik secara sengaja atau tidak sengaja. Baik kesalahan itu besar atau kecil. Jika kita melakukan kesalahan tersebut kepada orang yang tidak kita kenal, mungkin mereka bisa memaafkan bisa saja tidak. Jika kita melakukan kesalahannya pada teman kita atau sahabat kita. Bisa saja dia memaafkan, tapi jika kita melakukan kesalahan yang sama lagi, bisa saja dia tidak memaafkan kita. Pun dimaafkan akan membutuhkan waktu yang lama. Dan itu pun butuh dilihat usaha kita untuk menebus kesalahan kita. 

Keluarga Adalah Salah Satu Orang Yang Akan Terus Menerus Memberikan Maaf

Kalau kita berbuat kesalahan pada pasangan, satu dua kali masih di maafkan, ketiga, masih di maafkan, keempat, mulai akan ada kekecewaan dan keraguan, dan akan ada perubahan. Dan saat dimaafkan lagi, dan kita berbuat kesalahan lagi, ya bisa saja hubungan itu berakhir di situ. Karena orang pun akan berpikir jika terus dimaafkan berkali-kali, dan tidak ada perubahan. Dan dia terus melakukan kesalahan berarti memang dia tidak sungguh-sungguh meminta maaf.  Dia nyaman dengan melakukan kesalahan tersebut. 

Tapi tahu tidak ada orang yang jika kita meminta maaf, dan masih terus melakukan kesalahan yang sama, dan masih terus dimaafkan dan diterima, itu hanyalah keluarga. Dan cinta mereka tidak akan berubah kepada kita meskipun kita sudah berkali-kali melakukan kesalahan. Kita sudah berkali-kali melakukan nya tapi terus dimaafkan, dan plus nya lagi, cinta mereka kepada kita tidaklah berubah. Itu yang luar biasa. Tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut loh. Tidak semua orang bisa melakukan itu dengan tulus selain keluarga.

Jadi selama kalian masih memiliki keluarga, ya kalian harus menjaga mereka. Selama kalian masih memiliki saudara, orang tua, cintai mereka. Hormati mereka. Perlakukan mereka dengan baik, dengan manis. Jangan membuat mereka kecewa. Jangan membuat mereka merasa tertekan. Karena mau senakal apapun kita, sebesar apa kesalahan kita, mereka masih mau memaafkan kita, dan memberikan kesempatan untuk kita menjadi lebih baik. Bahkan sebelum kita meminta maaf, mereka sudah memberikan maaf kepada kita.