Janganlah Biasakan Mengasihani Diri Sendiri Karena Itu Bentuk Kita Tidak Bersyukur

Janganlah Biasakan Mengasihani Diri Sendiri Karena Itu Bentuk Kita Tidak Bersyukur

Menjadi manusia itu sebenarnya susah-susah gampang. Tergantung dari setiap orangnya, tergantung dari setiap pribadinya. Bagaimana mereka akan merespon segala sesuatu yang terjadi di dalam hidupnya. Karena apapun yang terjadi pada kita, apapun yang kita terima di dalam tubuh kita, itu semua tergantung dari kita. Bagaimana kita menerima dan mencerna sesuatu yang datang. Bagaimana respon kita terhadap hal yang ada di depan kita. Mau kita ambil positifnya atau negatifnya. Jika kita mengambil positifnya, maka yang masuk di tubuh kita akan baik adanya. Tapi kalau kita merespon dengan negatif, maka semua yang ada di dalam tubuh kita, pikiran kita semua akan terasa salah dan negatif. 

Janganlah Biasakan Mengasihani Diri Sendiri Karena Itu Bentuk Kita Tidak Bersyukur

Jadi manusia memiliki kontrol penuh akan hidup mereka, akan apa yang mereka jalani dan hadapi. Dan jika membahas itu, kita tidak akan lepas dari sikap syukur. Karena respon yang kita berikan akan menandakan seberapa besar rasa syukur yang kita miliki. Saat orang sedang di atas-atasnya. Di saat orang sedang memiliki segala sesuatu, memiliki harta, tahta, dan semua yang luar biasa. Kadang secara tidak sadar ada rasa kesombongan yang muncul dari dalam diri mereka. Mereka mulai menyombongkan apa yang mereka miliki, apa yang sudah mereka raih. 

Hal tersebut wajar-wajar saja. Dimana orang menjadi sombong, karena itu cara mereka menikmati apa yang mereka dapatkan dengan susah payah. Orang yang sudah melewati banyak proses yang panjang sampai dia di titik dia memiliki segalanya. Walaupun banyak orang yang tidak suka dengan sikap sombong ini. Tapi sebagian orang sudah memaklumi nya. Karena ya mereka sudah melewati proses panjang, dan kalau mereka sombong dengan pencapaian mereka ya hak mereka. Tapi bukan hanya perasaan sombong yang tidak disukai orang, orang yang terlalu mengasihani diri sendiri juga itu juga tidak baik. Akan menjadi toxic lama kelamaan. Ada orang merendah diri. Ya merendah diri itu bagus. Menandakan kita tidak lupa diri. Tapi terlalu mengasihani diri sendiri, sampai menggunakan itu untuk kalian bisa mendapatkan perlakuan khusus, mendapatkan perhatian khusus, itu tidak baik. Kalian jadinya tidak mensyukuri akan apa yang kalian punya. Karena kalian merasa kalian korban terus.